Cara Aman memilih Jenis Kabel

ristiancandra.blogspot.comSalam Jumpa Sobat-sobat ku Semua...
Artikel kali ini membahas tentang
Tips Memilih Kabel Listrik.
Tips Berikut ini bisa membantu anda untuk menambah rasa aman dan tepat dalam memilih piranti penyambung alat kelistrikan,
Hal yang kelihatan sepele namun jika diabaikan akan membahayakan bukan hanya peralatan elektronik anda namun juga keselamatan anda sendiri.

Kode di atas gulungan atau karet kabel,mempunyai definisi dan fungsi sendiri-sendiri. Info berikut bisa membantu anda untuk memilih kabel sesuai kebutuhan,aman☂ dan menghindari kerusakan alat elektronik,konsleting,kebakaran ☃,karena salah memilih jenis Kabel.

Adapun Jenis-jenis Kabel yang ada di pasaran adalah sbb : 

1. NYA 
Kabel ini direkomendasikan untuk instalasi permanen, di dalam panel distribusi atau sebagai konektor dalam panel. Mempunyai isolasi plastic tahan ☼panas. Digunakan dalam lingkungan yang kering (tidak disarankan dalam kondisi basah-lembab dan pengaruh cuaca sekitarnya secara langsung).

2. NYM 
Kabel ini hanya direkomendasikan khusus untuk instalasi tetap di dalam bangunan yang dimana penempatannya bias di luar/di dalam tembok ataupun di dalam pipa (conduit). Bisa dipasang di tempat yang kering dan lembab. Namun tidak disarankan dipasang diluar ruangan yang terkena ☼panas dan hujan secara langsung ataupun ditanam langsung di dalam tanah.

3. NYY
Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap di dalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misal: duct, pipa PVC, pipa besi). Kabel protodur tanpa sarung logam. Instalasi bisa ditempatkan di dalam dan diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering.

4. NYFGbY / NYRGbY / NYBY
Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap di dalam tanah, yang di tanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal, kedalaman pemasangan di dalam tanah adalah ±0,8 meter.

5. NYCY 
Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah ,dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan di di luar atau di dalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.

6. NYAF 
Kabel ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribusi pipa atau di dalam duct. Karena sifatnya yang fleksibel, sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan-belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab,basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.

7. NYMHY 
Kabel ini khusus direkomendasikan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah-pindah dan harus di tempat kering. Mempunyai isolasi plastic tahan ☼panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya ≠ > 85°c, karena hal tsb dapat membahayakan kabel itu sendiri.

-----♦-♥♥♥-♦♦-♥♥♥-♦♦-♥♥♥-♦♦-♥♥♥-♦♦-♥♥♥-♦♦-♥♥♥-♦-----

Semoga Info ini Bermanfaat.

Comments

  1. ternyata kabel itu byk jenisnya ya...

    ReplyDelete
  2. posting sangat bermanfaat,... jd lebih tahu ttg kabel...thx postingnya.

    ReplyDelete
  3. Betul sobat-sobat q
    kbtulan ja kerjaan q sehari-hari jadi sales Barang beginian jadi coba aq share dari apa yang aq pelajari slama ini, thanks dah pada Comment,,...

    ReplyDelete
  4. Kunjungan petang sambil nonton shaun the sheep

    ReplyDelete
  5. waaaa.. bukan keahlian saya nih soal kabel-kabel ... :)
    takut kesetrum ... :D

    ReplyDelete
  6. hehe Agan@Abdu klagee Nonton Aq men Film toh wkwkwk..
    Agan@Shinobi Aq juga ndak ahli Gan, cuma njualin Stok Kabelnya Bos aq aja hehehehe

    ReplyDelete
  7. Salam Kenal sob.. :)

    ReplyDelete
  8. Sobat @Teja HTC: sama2 sobat..
    happy blogging....

    ReplyDelete

Post a Comment

~Welcome To Do Follow Blog~
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca Artikel ini, Silahkan :
✍ Berikan Komentar sesuai atau relevan dengan isi atau topik Artikel yang dibahas.
✍ Komentar yang terdeteksi SPAM dengan terpaksa akan dihapus.

Popular posts from this blog

Mengenal Tokoh Karakter dalam The Avengers Movie 2012

Panduan Lengkap Membuat Guest Book dengan Cbox

Gayus "baru" muncul di Lapas Sidoarjo JawaTimur