Tips Merawat AC ( Penyejuk Ruangan )

"Cara Bijak Memilih, Menggunakan, dan Merawat AC"
ristiancandra.blogspot.com Bagaimana cara mensiasati penggunaan AC atau penyejuk ruangan yang membutuhkan daya listrik cukup besar dan pemeliharaan nya membutuhkan pengetahuan khusus, untuk menghindari problem seperti harus bolak-balik service ketika tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Berikut Tips yang bisa dicoba :
  • Belilah Penyejuk Ruangan atau AC yang dilengapi dengan Converter. Fungsi Converter adalah pengatur beban listrik. artinya pada saat suhu diruangan sudah mencapai suhu yang kita inginkan, AC secara otomatis mengurangi sendiri beban pendinginan yang diberikan, dengan tetap beroperasi. AC Konvensional  tidak dilengkapi dengan Converter. Sistem kontrolnya ON-OFF, artinya ia akan berhenti beroperasi pada saat suhu sudah tercapai, dan beroperasi kembali saat suhu sudah naik ke titik tertentu. Perlu diingat AC membutuhkan daya terbesar saat Start, jadi bila sering di ON dan OFF terlalu sering, maka daya listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.
  • Pilih AC dengan kapasitas Pendinginan sesuai dengan kebutuhan. Hindari memilih AC dengan kapasitas yang terlalu kecil ataupun juga yang Over Capacity.
  • Pastikan ruangan yang hendak terpasang AC sudah tertutup rapat, cegah sedapat mungkin panas dari luar masuk ke dalam ruangan, yang dapat menambah beban kerja AC, Hal ini bila diabaikan akhirnya berujung pada Pemborosan.
  • Hindari Merokok di ruang ber-AC, asap rokok  mengeluarkan panas ☼ berlebih, sehingga akan menyebabkan AC cepat rusak.
  • Atur Setting Temperatur dengan bijak. dianjurkan tidak mensetting pada suhu 18°C. Selain kurang baik untuk kesehatan, setting suhu terlalu rendah juga memaksa kinerja AC menjadi lebih berat.
  • Matikan AC bila ruangan tidak dipergunakan dalam waktu yang relatif lama.
  • Jaga selalu ruangan yang ber-AC, setidaknya meminimalisir banyaknya debu.
  • Bersihkan Filter udara masuk pada badan AC, minimal seminggu sekali.
  • Rawatlah AC secara berkala, sesuai dengan rekomendasi dari brand pembuat AC tersebut. AC dalam kondisi prima, relatif membutuhkan daya kistrik yang stabil,atau tidak terlalu besar.

Semoga Bermanfaat ☺☃ ☺

Comments

Post a Comment

~Welcome To Do Follow Blog~
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca Artikel ini, Silahkan :
✍ Berikan Komentar sesuai atau relevan dengan isi atau topik Artikel yang dibahas.
✍ Komentar yang terdeteksi SPAM dengan terpaksa akan dihapus.

Popular posts from this blog

Mengenal Tokoh Karakter dalam The Avengers Movie 2012

Panduan Lengkap Membuat Guest Book dengan Cbox

Gayus "baru" muncul di Lapas Sidoarjo JawaTimur