Gapura Wringin Lawang

ristiancandra.blogspot.com
"Gapura Wringin Lawang"
Obyek wisata ini terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dalam Coretan Raffles " History Of Java I ", tahun 1815 disebut dengan nama Gapura Jati Pasar,


sementara berdasarkan cerita Knebel dalam tulisannya tahun1907, menyebutnya sebagai Gapura Wringin Lawang.

Gapura Wringin Lawang terbuat dari batu bata, kecuali bagian anak tangganya yang terbuat dari batu. Bentuk Gapura adalah Candi Bentar ( Candi terbelah dua ) dengan denah empat segi panjang berukuran, panjang 13 meter, lebar 11,5 meter, sementara tinggi bangunan 15,50 meter dan orientasi bangunan mengarah timur barat dengan Azimut 279°. Jarak antara dua bagian Gapura selebar 3,5 meter dengan sisa-sisa anak tangga pada sisi timur dan barat. Diperkirakan anak tangga ini semula dibatasi oleh pipi tangga. dari hasil penggalian arkeologis pada sebelah utara dan selatan Gapura terdapat sisa struktur bata yang mungkin merupakan bagian dari tembok keliling.

Sebelum dipugar Gapura sisi utara sebagian tubuh dan puncaknya telah hilang, tersisa tinggal setinggi 9 meter. Namun Gapura ini kini telah utuh kembali setelah dipugar pada Tahun anggaran 1991 / 1992 sampai dengan 1994 / 1995. Dalam penelitian arkeologis baik dalam bentuk survey maupun penggalian di halaman barat daya Gapura, Ditemukan 14 buah sumur. Bentuk Sumur ada dua macam yaitu :

Bentuk Silindrik
Dinding sumur menggunakan batu bata berbentuk lengkung, menggunakan Jobong yaitu semacam bis beton yang terbuat dari Terakota atau tanah liat bakar.

Bentuk Kubus
Dinding sumur menggunakan batu bata berbentuk kubus.

Penempatan sumur di muka rumah tempat tinggal sampai saat ini masih banyak dijumpai di rumah-rumah tradisional tanah Jawa. Berdasarkan hal ini diperkirakan Gapura Wringin Lawang menghadap ke arah barat, berfungsi sebagai sarana memasuki sebuah kompleks bangunan di masa lampau.

Di jaman sekarang, jika kita berminat mengunjungi tempat ini, sangatlah mudah ditemukan. Ketika kita melaju di ruas jalan antara Kota Mojokerto menuju Kota Jombang, akan terlihat ujung Gapura yang menyembul diantara sawah dan pemukiman penduduk di sisi kiri badan jalan, Sebelum mendekati Kantor Pusat Informasi Majapahit BP3 Jatim, akan terlihat papan penunjuk arah yang menandai jalan masuk ke obyek wisata ini.

Selamat Berwisata, Mari kita Lestarikan Warisan Budaya Nusantara.. Banggalah menjadi Putra-putri Indonesia.. 


⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧⇧

Comments

Popular posts from this blog

Yuk.. Pasang Badge "AKU BLOGGER INDONESIA SEJATI"

Mengenal Tokoh Karakter dalam The Avengers Movie 2012

Gayus "baru" muncul di Lapas Sidoarjo JawaTimur