Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE: GHOST PROTOCOL

Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
Salam Jumpa Sobat-sobat ku Semua...
Menjelang Pergantian malam Tahun Baru Imlek kemarin,Minggu,22.01.2012,saya sempat agak stress juga karena nggak da kegiatan,mau nglamar jadi Barongsai aja dah ditolak-tolak karena muka lebih serem daripada Barongsai na sendiri. Akhirnya jam dinding di rumah tetangga menunjuk pkl 20.00 WIB,habis baca koran bekas bungkus Nasi Pecel yang saya beli sore harinya,kok pas di kolom jadwal tayang Bioskop,disitu tertera Film yang emang dah lama saya pengen tonton.

Tanpa mandi Kembang,saya langsung tancep gas menuju Mall Cito di Ujung Selatan Kota Surabaya dan langsung menuju lokasi Cinema 21 dimana Film Ghost Protocol tayang pkl. 20:15 WIB,agak telat dikit,jadi pas masuk studio 1 cari No Bangku F6 sesuai di ticket sambil meraba-raba (sapa tau nemu sebongkah berlian)dan ketemu juga akhernya bangku yg mau saya tuju. Untung ja yang terlewat cuman Iklan-iklan nya aja,jadi pas duduk,pas Eng-Ing-Eng Pilemnya Maen Maaak....

Nah dalam Artikel ini,sebagai seorang Movieholic, saya bakal Review Tuntas isi Film yang telah saya tonton (Sejatinya nie Film dah Beredar di tanah air kita tercinta sejak penghujung tahun kemaren,cuman baru abis tahun baru nie,saya baru nonton),dari Sinopsis,Pemain ampe Kurang Lebihnya nie Film:
Berikut Ulasan lengkap nya:

☆ Judul Film:
MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
☆ Sutradara:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL




Brad Bird

☆ Jenis Film:
Action

☆ Produser Film:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
| Tom Cruise | J.J.Abrams | Bryan Burks |
☆ Produksi:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
|BAD ROBOT and PARAMOUNT PICTURES|


☆ Pemain film:











☆ Tentang Film:
Seorang Tom Cruise, biar sudah memiliki guratan penuaan di wajahnya,jelas masih merupakan daya tarik banyak penonton untuk datang ke bioskop. Dan franchise Mission:Impossible yang jadi salah satu trademark terbesarnya,biarpun sudah diwarnai kritikan di film ketiganya,belum juga harus berakhir. Secara kebanyakan orang masih ingin melihat aksi Ethan Hunt menjalankan misi-misi mustahilnya lagi dan lagi.
Masih melanjutkan kerjasama franchisenya bersama J.J. Abrams dan timnya meski kali ini Abrams cukup duduk di kursi produser,setelah penantian panjang diwarnai isu-isu bahwa Cruise bakal melepas franchise ini ke tangan rising star Hollywood baru bernama Jeremy Renner, membunuh karakter Hunt,  jawdropping stuntnya mendaki gedung tertinggi dunia di Burj Khalifa - Dubai dan segala macam, 'Ghost Protocol' pun hadir dengan sajian lumayan memukau.

Dibuka dengan misi IMF (Impossible Missions Force) yang gagal akibat terbunuhnya agen Hanaway(Josh Holloway) di tangan pembunuh bayaran wanita Sabine Moreau
(Lea Seydoux), kisah bergulir ke nasib Ethan Hunt (Tom Cruise) yang terpaksa menghuni penjara Moskow karena pembunuhan keji yang dilakukannya pada sekumpulan orang Serbia. Usaha pembebasan kemudian dirancang oleh agen Jane Carter (Paula Patton) bersama Benji Dunn (Simon Pegg), teknisi IMF yang baru naik pangkat jadi agen lapangan. Hunt kemudian didapuk masuk ke Kremlinuntuk mencuri data rahasia atas sebuah code name bernama Cobalt yang merancang peledakan bom nuklir. Misi mereka lagi-lagi dibajak oleh pihak tak dikenal berujung pada peledakan Kremlin. Penyamaran Hunt pun diketahui oleh agen Rusia, Sidirov (Vladimir Mashkov) yang menyusuri jejak pelarian Hunt. Insiden ini ternyata membuat pemerintah AS segera menonaktifkan seluruh database IMF demi menjaga ketegangan yang terjadi,meninggakan nasib Hunt dan timnya yang terkatung-katung. Analis lapangan William Brandt (Jeremy Renner) kemudian ikut bergabung setelah mobil yang ditumpangi mereka diserang Sidirov.

Mencari jalan keluar untuk membersihkan namanya, Hunt dan timnya kemudian bergerak sendiri mencari identitas Cobalt yang ternyata mengarah pada mantan pejabat pemerintah dan ahli nuklir Swedia,Kurt Hendricks (Michael Nyqvist) dan masih berhubungan dengan Moreau. Menempuh badai pasir di tengah Burj Khalifa,Dubai hingga hiruk-pikuk pesta seorang casanova Brij Nath (Anil Kapoor)di Mumbai,India,mereka pun mencoba menghentikan usaha Hendricks bersama kaki tangannya,Wistrom (Samuli Edelmann) yang sewaktu-waktu siap meluncurkan nuklirnya untuk menghancurkan dunia,sementara Sidirov dan agen-agennya terus melacak keberadaan mereka.

Sejak film pertama,franchise yang diadaptasi dari serial televisi legendaris ini memang kerap diwarnai pro dan kontra,mulai dari perubahan imej tokoh aslinya yang dibalik menjadi antagonis di film pertama,ambisi Cruiseberkarate ria bersama sutradara John Woo di film kedua,sampai masuknya Abrams di film ketiga dengan ambisi menjual nama Phillip Seymour Hoffman yang lagi laris-larisnya di nominasi beberapa festival waktu itu. Selalu ada langkah tak sesuai namun ternyata tak melepas franchisenya jauh-jauh dari kesuksesan besar di pengumpulan box office. 'Ghost Protocol' pun tak beranjak jauh dari kontroversi itu. Selain tentunya atraksi diBurj Khalifa,niat tersembunyi pihak produsernya termasuk Cruise sendiri untuk meneruskan estafet franchisenya ke tangan Jeremy Renner memang sangat terasa,walau rencana eliminasi tokohnya itu terus terbentang jadi misteri sampai akhirnya kita menyaksikan film ini. Dan Abrams agaknya sangat belajar dari kesalahannya memasukkan sedikit idealisme terhadap nama Hoffman dalam M:I 3yang dirancang agak salah arah. Bersama penulis-penulis Alias yang masih timnya,Andre Nemec dan Josh Appelbaum, Abramsbersama sutradara 'The Incredibles', Brad Bird, mengembalikan 'Ghost Protocol' pada jati diri sebenar-benarnya. Dan lebih asyik lagi,mereka menyempalkan sisi komedi yang lebih dari tampilan Pegg yang kian menanjak karirnya dengan chemistry menarik bersama Renner sebagai cikal-bakal jagoan baru. Ini jadi salah satu highlight paling menarik,bahkan ditambah twist dengan relevansi penuh perhitungan dalam menyambung benang merah ke beberapa karakter lamanya.

Selain perpindahan set antar negara yang dibesut dengan eksotisme panoramik berciri khas masing-masing especially adegan Dubai yang eksotis itu (Special Performence from Bollywood's Anil Kapoor lengkap dengan themesong Lalo Schifrin yang dibesut penata musikMichael Giacchinodengan style India tradisional,tapi saya pribadi masih tetep lebih mengidolakan soundtrack di M:I-2 yang dibesut Limpbizkit, mantab dan enerjik gitu lah), pemilihan Paula Patton dengan kulit blaster Eropa-Afro Americannya yang eksotis namun tangguh dengan garis-garis wajah serta tubuh serba keras itu juga terasa fresh sebagai sidekick wanita baru. Sementara villain utamanya,Michael Niqvist yang mendadak jadi bintang di Hollywood setelah kesuksesan 'The Millenium Trilogy 'yang remake Hollywood-nya sudah siap tampil,bersama Samuli Edelmann, aktor sekaligus biduan asal Finnish dan aktris Perancis Lea Seydouxyang baru tampil dalam 'Midnight In Paris', juga muncul sebagai seteru masing-masing agen IMF dengan ketangguhan yang pas satu sama lain. Klimaks yang membagi masing-masing karakternya satu lawan satu dengan seimbang termasuk pergulatan fisik antara Patton-Seydoux benar-benar melampaui tiga film sebelumnya,dimana:
  • M:I mungkin kelewat bermain dengan teknologi, 
  • M:I 2 terasa over the top 
  • M:I 3 yang penuh kebetulan akibat masterminding karakter Hoffman yang kelewatan. 
Namun lebih dari semua hingar-bingar tadi,adegan akhir yang digelar bersama sebuah racikan efek yang jempolan menempatkan Film ini menjadi sajian tak mengecewakan bagi para Movieholic.







Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOLKupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOLKupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOLKupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL


☆ Cuap-cuap Seputar Film:
Kehadiran Paula Patton dengan akting yang memadai sebagai Agen Jane Carter yang tangguh dan gagah menjadi pemanis Film dengan nilai bagus pada Porsinya. Ditambah lagi chemistry antara Jeremy Renner dan Simon Pegg sangat lucu dan akrab membuat film lebih enak ditonton. Ada satu percakapan Simon Pegg dan Jeremy Renner tentang masalah Renner akan loncat ke satelit. Terasa lucu dan segar. Kemudian adegan Renner yang ketakutan ketika akan lompat,kocak dan pas banget dengan ekpresi Renner.
Jeremy Renner yang cute,juga menambah nilai plus film ini,belum lagi aktingnya yang jempolan (meskipun di film ini dia tidak terlalu banyak tampil) membuat film ini makin enak ditonton. Satu Hal lagi, Sang Sutradara, Mr. Brad Bird yang notabene keseringan membidani genre Animasi,membuat beberapa adegan kocak mampu dihadirkan dalam garapan Action debutan nya nie.

Ada beberapa adegan yang saya suka dan sulit dilupakan,yaitu adegan Josh Holloway melompat dari atap sambil menembak ke atas. Lalu adegan Tom Cruise memanjat Bjur Khalifahdan dilakukan oleh Tom Cruise sendiri tanpa stunt man membuat adegan ini makin Mantab. Lalu adegan berantem dengan Kurt Hendricks di parking lot menurut saya juga keren di mana mobil naik turun cuanggih gitu.

Terlepas dari penampilan secara fisik dari Tom Cruise yang sudah kelihatan berkurang,ternyata adegan action dalam film ini justru tidak menua.. bahkandapat dibilang lebih menantang dari film M:I terdahulu.. Peralatan yang canggih,kemampuan hacker yang luar biasa,mobil -mobil keren,adegan penyusupanberbahaya,serta perempuan cantik tetap menjadi daya utama dalam film ini.

Dari empat Film Mission Impossibleyang sudah dibuat,semuanya dibuat sutradara berbeda tapi dengan satu bintang sama: Tom Cruise sebagai Ethan Hunt. Artinya,franchise ini milik Cruise yang memang bertindak jadi produser. Sutradara hanya Seorang Ahli yang diperbantukan.namun,lantaran Seorang Sutradara pemegang peran vital dalam produksi film yang menentukan bagaimana film disajikan,alhasil setiap film Mission Impossible (M:I) disajikan dengan gaya narasi berbeda sesuai ciri khas masing-masing sutradara.


Berikut Perbedaan yang dilihat dari segi penyutradaraan:

Film Mission Impossible Pertama:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
Sutradara:Brian De Palma
Dikenal sebagai sutradara kelas Oscar tampaknya tak ingin menyajikan kisah spionase yang rutin macam James Bond dengan segala formula yang sudah dihafal setiap penonton (cewek seksi dll). Seolah ingin merumit-rumitkan filmnya yang bila disederhanakan sebetulnya ya tentang pengkhianatan di dalam organisasi IMF sendiri. Kisah spionase agen rahasia IMF (Impossible Mission Force) yang dipenuhi intrik dan pengkhianatan. Saat edar dulu,banyak penonton yang kurang paham dan benar-benar tahu dengan cerita dan misi apa yang dijalankan Ethan Hunt. Daya pikat utama film ini adalah adegan-adegan menegangkan,misalnya saat Hunt menembus ruang komputer atau pergulatan di atas kereta api super cepat. Sajian awal aksi Tom Cruise yang akhirnya menjadi pembuktian bahwa ia benar-benar mampu membawa sosok karakter Ethan Hunt menjadi Jagoan yang banyak dinantikan aksinya kembali.
Film Mission Impossible Kedua:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
Sutradara:John Woo
Seorang sutradara Hong Kong. Ketika itu,Hollywood tengah gandrung dengan sineas Asia (khususnya Hong Kong). Selain bintang-bintangnya macam Chow Yun Fat,Jet Li,Jackie Chan mulai diajak main film Hollywood,orang-orang di belakang layar juga ikut diboyong ke Hollywood. Seperti DePalma,M:I 2 kemudian paling kita kenang dengan satu frase,“John Woo Buangetts gitu lhuoo..”. Gerak lamban,kobaran api,dan kamera yang bergerak akrobatik ala Woo bertebaran untuk ditonton sampai kadang Over penyajian. Film kedua juga menjadi ajang pembuktian Cruise sebagai bintang Film Action. Adegan panjat tebing di awal film dilakukan tanpa Stunt man,dilanjutkan dengan scene membuang kacamata hitam yang berisi misi yang usai disimak akan meledak dalam hitungan detik,(dibuat dengan gerak lambat,yang wah skali waktu itu ).Majalah People kala itu menjuluki Tangan Tom Cruise Terbagus se-Hollywood,berkat adegan bertumpu di tepi tebing dengan kokoh,dilatarbelakangi pemandangan indah. Film kedua juga masih bertema pegkhianatan. Ethan Hunt harus berhadapan dengan mantan rekan di IMF yang berkhianat.


Film Mission Impossible Ketiga:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
Sutradara:J.J.Abrams
Sutradara yang belum teruji kemampuannya dalam membesut film layar lebar. Tapi,ia sudah angkat nama lewat serial Alias (pernah tayang di stasiun S*TV,di Indonesia). Maka,Mission Impossibe dikenang sebagai “Mission Impossibe rasa Alias”.Maksudnya,tidak seperti dua film terdahulu,kali ini Ethan Hunt lebih manusiawi. Abrams menggambarkan sosok Ethan Hunt seperti lelaki biasa yang merindukan hidup normal,punya istri. Misi utamanya pun bukan mengungkap pengkhianatan atau intrik spionase,tapi menyelamatkan istri tercinta. Kisah Petualangan lebih tergambar kelewat Kompleks hingga detail sosok Ethan Hunt yang harus berkejaran dengan waktu dan menyelamatkan keluarga nya. Lumayan Mantab untuk debutan Seorang Sutradara J.J Abrams,namun ada survey yang mengatakan Tokoh Antagonis yang kurang terasa mendoktrin atau kurang sangar gitu.. gak kayak tuan Takur...??## .
Film Mission Impossible Keempat:
Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL
Sutradara:Brad Bird
Tanpa angka 4 namun sub judul Ghost Protocol (meninggalkan tradisi franchise lain macam Shrek atau Die Hard). Brad Bird. Siapa dia? Bird sudah beberapa kali membidani film. namun belum pernah mengarahkan manusia hidup atau bikin live-action film. Hasil kerjanya kebanyakan film kartun,The Iron Giant (1999),The Incredibles (2004),dan Ratatouille (2007).Alhasil,dalam MIssion Impossible besutannya terlihat betul gaya bertutur The Incredibles. Seperti film kartun produksi Pixar itu,yang menjadi musuh utama adalah seorang megalomaniak edan yang hanya ingin melihat dunia kacau balau. Musuh Hunt kali ini bukan agen yang berkhianat atau pedagang senjata yang menyandera istrinya. Seperti superhero Mr.Incredible,tugas Hunt adalah menyelamatkan dunia. Bird juga mengubah Hunt jadi sosok superhero,seorang agen rahasia yang kuat berlarian,tangguh berkelahi,bahkan tak terlihat memar kepalanya saat menubruk jendela besi gedung bertingkat. narasi awal film animasi menurut saya pribadi kepanjangan sih,(nurut saya lhoo).Tapi di sisi lain,aksi,ketegangan,pameran teknologi canggih,maupun humor yang diselipkan di dalamnya mantab lah sebagai bumbu penyedap dalam Film terbaru ini.






Kupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOLKupas Tuntas Review Film MISSION IMPOSSIBLE:GHOST PROTOCOL


"Tak Ada Gading yang Tak Retak,Makanya Gajah nggak muat kalo Naek Becak"
Beberapa Kekurangan yang menurut saya pribadi sebagai Kritikus Film tak dikenal Tentang Film ini:

Alasan IMF untuk melaksanakan Ghost Protocol karena dianggap pemicu Perang nuklir dengan Rusia aneh lhooo?
Mengangkat Tema Perang Dingin USA-Rusia kayaknya dah Kedaluarsa dech,palagi Tema Setan Pocong,Mau..???.

Kebanyakan Produk Iklan yang nongol kayaknya,Semua HP adalahIphone,laptop Apple,bahkan Ipad pun ditampilkan sebagai peralatan intelijen.. Hampir semua mobil yang dipakaiadalah BMW, dan 1mobil Lamborgini...,yang gak ada sich Iklan yang gini " aq gak punya Pulsaaaaaaaaaaaaaaaaaa #gedubrax#" 

Yang Laen apa lagi Y... hmmm
Tapi nama nya Juga Mission Impossible.. Misi apa ja Bisa Misi Nyolong Sandal Tetangga pasti juga bisa,maksudnya gini,kok gampang bgt kayak nya bisa nyusup ke Markas Rusia gitu loh si Mas Tom itu,'Namanya Juga Film ','Bego!'. Ah Sudah lah ngapain juga mikirin Markas nya Rusia.


Okey Cukup Sekian yang dapat saya sampaikan kali ini,kurang lebihnya,mohon ditimbang badandimaafkan. Kalo Sobat masih penasaran Gimana Serunya nie Film,buruan dech nonton ja...

Comments

  1. berkunjung sambil baca2 artikel terbaru, makasih infonya, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Banget dah nyempatin nyimak artikel disini Sob...
      Happy blogging and Sukses Slalu jG u/ Sobat...

      Delete
  2. Sob..... di ambil ya bingkisannya... ada amanah dari sahabat blogger yang lain.... oke kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sebelumnya tlah dipercaya untuk menerima bingkisan dari Sobat..
      segera aq jemput dan buatin Postingan Sob...

      Thanks ...
      Happy blogging and Sukses Slalu...

      Delete
  3. penulis saah satu penggemarnya ya,,,bisa selengkap itu ngupasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y karena dah mengidap sindrom Movieholic sejak abg muda (skrg aq dah abg tua .red) Film pa ja ,palagi bikinan Hollywood pasti wajib tonton dech hukumnya, syg nya sampai hari ini blom bs ketularan gantengnya Tom Cruise hahahaha..

      Thanks dah mampir kemari Sob..
      Happy Blogging

      Delete
  4. Ahhaaayy
    Bagus Juga soB artikelnya :D
    nice Infoo sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah Visit and Komeng disini Sobat Ennovan,
      y moga ja artikel diatas da manfaat bwt sobat2 yg baca...

      Happy Blogging Sob...

      Delete
  5. Waaahhhhhhhhhhhhh..ini mantef banget bang..pokoknya sip dahhhhhhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah...
      Makasih Bang Icah dah nyempatin hadir disini...
      Mantab dech pokokna bwt Bang Icah

      Happy Blogging Sob

      Delete
  6. aku udah nonton nigh gan filmnya seru banget dah,

    thanks krena uda share nigh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur dech kalu Sobat dah Nonton jadi klop nyambung khan pas baca nie Artikel,..
      Moga ja informasi artikel diatas da yang bisa membawa manfaat bwt Sobat

      Thanks kehadiran dan Komeng nya Sob..
      Happy Blogging

      Delete
  7. Wah... ini film ane blm nonton,, dan malahan baru tau,, hihihi...!!,,.
    Eeehh... ngemeng-ngemeng ngelamar jadi ondel-ondel aja gan,.. siapa tau d trima,, spa tau muka'nya pas... hihihi...

    Happy Blogging Sahabatku..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa.. Blom nonton y..
      Sabar ja dech tunggu ja ntar pasti tayang di bioskop Tr**s TV,2 taon lagee mgkn.. wkwkwkkkk
      Ondel2 ??, dah pernah nglamar Sob, tetep ja ditolak soal na tetep gantengan topeng ondel2 na :D

      Thanks dah hadir disini...
      Happy Blogging Sobat...

      Delete
  8. nice info wa tar nonton ini film

    ReplyDelete
  9. saya belum nonton film ini, but usai membaca review-nya di sini jadi minat untuk menonton-nya :-)

    ReplyDelete
  10. Black Angel Syndicate10:05 pm

    wah Nice Inpo sob... izin nyimak... :)
    maaf baru mampir :)
    Absen malam

    ReplyDelete
  11. Sobat @VENOMIA,@BlogS of Hariyanto,@Pendelz,@Black Angel Syndicate :
    Thanks dah nyempatin ninggalin jejak di lapak nie..
    Syukur Alhamdulillah bila Artikel diatas mampu menjadi Info yg bermanfaat bagi Sobat Smua..
    Thanks again..
    & Happy Blogging ...

    ReplyDelete
  12. Wah sepertinya seru nih menu filmnya.Tapi kapan tayangnya ya:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduch maaf kalo referensi di atas da yang kurang lengkap Sob..
      Film ini Dirilis tgl 16 Desember 2011. namun baru edar tayang di Indonesia awal Januari kemarin...

      Moga Infonya Bermanfaat..
      Thanks atas Atensinya Sobat :D
      Happy Blogging

      Delete
  13. wach..jadi pengen ntn.....seru kayanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip... dijamin seru Abis and banyak adegan kecil sepele yg gokil yg bs bikin penonton senyum

      Thanks dah ikutan nyimak disini Sob...

      Delete

Post a Comment

~Welcome To Do Follow Blog~
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca Artikel ini, Silahkan :
✍ Berikan Komentar sesuai atau relevan dengan isi atau topik Artikel yang dibahas.
✍ Komentar yang terdeteksi SPAM dengan terpaksa akan dihapus.

Popular posts from this blog

Mengenal Tokoh Karakter dalam The Avengers Movie 2012

Panduan Lengkap Membuat Guest Book dengan Cbox

Gayus "baru" muncul di Lapas Sidoarjo JawaTimur