Opini Plus Minus Tentang Film "The Raid" (2012)

Opini plus minus tentang film Salam Jumpa Sobat-sobat ku Semua...
"The Raid" (Serbuan Maut), pasti sobat-sobat dah pada nonton khan, ato yang kurang hobi Film , pasti dah denger gaung nya nie Film beberapa waktu kemaren. Hanya satu kata setelah Nonton, 7 Jempol dech, sebuah nuansa baru dalam perfilman nasional yang bebas tanpa terkontaminasi bau pocong, mak kunti dan seksi bohay yang sudah lazim diproduksi film-film lokal selama ini.
Setelah hampir genap triwulan bersemedi dalam lembah kegalauan, jauh dari aktifitas ber-Blogging ria, malam nie, meskipun kondisi Modem AjIs saya mirip bekicot kelaparan kerja nya, tapi ati musti tetep semangat, ditemani sebungkus tembakau siap bakar, segelas kopi dan My Netbook tercinta, saya menyempatkan untuk update posting biar nie Blog gak kosong melompong kayak sapi ompong kalungan omplong, hehe..

Segala sukacita kesuksesan dari nie Film dah diulas tuntas diberbagai media beserta tokoh karakter dan para pemainnya, namun masih jarang yang bahas kekurangan dari nie Film kecuali pada Forum-forum Online yang getol bahas tentang Film aja.

Awalnya agak ogah-ogahan nonton nie Film, Film Indonesia, paling-paling ndak jauh ama Dunia Pocong ama Seksi Bohay yang bikin GJ alias gak Jelas. Buat ngatasi rasa penasaran, akhirnya saya Download Trailer nya, dan setelah itu eh.., malah penasaran karena di Trailer disebutin Nama Orang 'Hollywood' yang nanganin nie Film.
Tanpa basa-basi akhernya di akhir bulan Maret kemarin, acara Noreng alias Nonton Bareng ma temen-temen tergelar di Cinema XXI EP plaza Semarang, Entah kenapa rasa Takjub, wah, sesuatu yang berbeda, rasa bangga menggelayut kalbu hingga awal bulan kemaren dah 3 x Nonton Film yang sama. (mungkin nonton Film yang sama 2x lagi bisa berhadiah Piring nie, hehe..).

##revisi Tambahan :
(Ternyata Bang Gareth adalah orang Wales yang sekarang dah jadi WNI, baru tau ni tadi dapat Inpo dari Sobat Qori yang kasih Komeng kedua di Artikel ini, Thanks Sob..)

Yang pengen sekedar flashback tentang para pemain dan Sinopsis "the raid",
silahkan klik tombol di bawah ini :

Opini plus minus tentang film
Sinopsis film :
Sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya – seorang raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman. Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap.
Penyeragapan mereka terbongkar ketika gerakan mereka terpantau oleh kamera pengintai di gedung tersebut. Dari penthouse suite-nya, Tama memerintahkan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.


para pemeran utama :

Opini plus minus tentang film

Trailer Film :

Film The Raid dibuka dengan adegan Rama (Iko Uwais) yang lagi latihan dan harus ninggalin istrinya yang lagi hamil untuk sebuah misi. Kemudian dilanjut ke adegan sadis dari Tama (Ray Sahetapy) pimpinan gembong narkoba. Kemudian adegan pun beralih ke sebuah Van berisi Pasukan Khusus yang siap menyerbu sarang Tama. Selanjutnya? Aksi.. Aksi.. dan Aksi.. Adrenalin penonton terus dipacu dengan rentetan adegan sadisme, bela diri yang mumpuni, serta sinematografi jempolan, semua tampil apik di Film ini.
Suguhan Film Indonesia bergenre Action yang menghentak di tengah kerumunan Film-film Lokal Lebay macam Pocong-pocongan dan sebagainya. Saya sendiri sebenarnya belakangan nie pengen teriak muak liat perkembangan Film-film nasional yang kebanyakan diproduseri orang India (katanya) berkutat dalam genre Horor-Komedi-Seksi Bohay, untunglah datang angin sepoy-sepoy dari "The Raid" (Serbuan Maut) yang meskipun Sutradaranya si Gareth Evans orang Bule, gak masalah, yang penting muka-muka lokal kita bisa tampil dari sisi yang lain dalam sebuah Film.


Sebagai langkah awal genre action versi Indonesia, cukup salut lah apa yang coba ditampilkan PT.Merantau Film dan XYZ Film disini, bahkan dengung nie Film dah sampe ke luar negeri sono. Hasil nyata telah dibuktikan dengan diperolehnya beberapa Penghargaan untuk nie Film :
Beberapa penghargaan internasional yang telah diraih film the raid :

Di DUBLIN INTERNATIONAL FILM FESTIVAL, The Raid dapat 2 award: Audience Award dan Criticus Award sebagai Best Movie..
bisa cekibrotz di **http://www.imdb.com/title/tt1899353/awards
Di TORONTO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL, The Raid dapat People's Choice Award..
bisa di cekibrotz di :
**http://www.bloody-disgusting.com/review/5369
**http://www.toronto.com/article/696632--65-tiff-films-reviewed
**http://www.criticizethis.ca/2011/09/tiff-2011-preview-pt-5.html << liat yang ini, the raid dapet 5 bintang sementara film Gerard Butler cuma 3,5..
**http://www.hitfix.com/blogs/motion-captured/posts/review-torontos-midnight-madness-kicks-off-with-the-raid
**http://www.moveablefest.com/moveable_fest/2011/09/the-raid-gareth-evans-review.html
**http://social.entertainment.msn.com/movies/blogs/the-hitlist-blogpost.aspx?post=1db42ad6-92bb-4c8b-8777-e9c40c43fce8
**http://www.slashfilm.com/the-raid-movie-review-trailer-tiff-2011/
**http://www.hollywoodreporter.com/heat-vision/toronto-2011-raid-starts-midnight-233268
**http://www.firstshowing.net/2011/toronto-review-the-raid-one-of-the-best-action-movies-in-years/

53 dari 61 orang (87%) kritikus film yang bilang ini film action bagus -> tanpa ada orang Indonesia yang jadi Kritikus
bisa di Cekibrotz di **http://www.rottentomatoes.com/m/the_raid_redemption/
Dari 119 external review atas The Raid, cuma ada 4 dari Indonesia, dan sebagian besar dari review itu bilang bahwa The Raid film yang bagus..
bisa di Cekibrotz di http://www.imdb.com/title/tt1899353/externalreviews


Gimana ?? Wajib bangga dunk kita...
Belum lagi sederet keajaiban kepada Industri Perfilman Nasional, dimana Film The Raid diputar serentak di beberapa negara seluruh dunia. Scoring Music nie Film di Negeri Paman Sam sono yang ngerjain Mike Shinoda nya Linkin Park with Joseph Trapanese (yang versi lokal Scoring Music nya dikerjain Aria Prayogi ama Fajar Yuskemal).
Mantab abis lah, n emang bikin bangga..
Sobat dah pernah denger The Raid juga diterbitin dalam bentuk Komik lhoo, mau dibahas disini juga ntar kepanjangen, kalo pengen tau lebih jelasnya, bisa tanya ke Mbah Google dech hihihi...
Opini plus minus tentang film


Namun Tak Ada Gading Yang Tak Retak, gimana jadinya kalo Gajah bengkak naek becak, hohohoho...
Menurut penerawangan saya, setelah nonton nie Film , ada beberapa hal yang janggal ato bahasa kerennya Bloopers, ato kekurangannya dech (moga ke depannya Bang Gareth yang bikin sekuel lebih ciamik dan teliti lagi). Apakah saja itu? nie dia...

Opini Minus dari Film The Raid (menurut saya):

Opini plus minus tentang film
*Dialog awal Film yang aduhai terbata-bata
Di Menit-menit awal Film ini kita disuguhi Scene Si Iko Uwais (Rama) sedang beribadah Sholat (hmm. salut nie ama Bang Gareth, janjinya buat ngangkat Kultur budaya negeri ini [saya baca di blog nya red.] dalam Dunia Perfilman patut diapresiasi), Namun setelah itu, yang bikin saya nyengir-nyengir sendiri Dialog nya si Iko waktu pamitan ama istrinya, kok? hehehe.. ( ketawa juga nie saya akhirnya ) kakuuu banget. Malah jadi inget waktu saya masih SD disuruh Pak Guru mengeja di papan tulis, Hadew . Kalimat "..Aku Cinta Kamu.." mirip bahasa inggris yang ditranslate tanpa penjiwaan sama sekali, percakapan nya tidak berasa natural, kurang berasa itu gaya omongan orang indonesia, Malah misal dibikin yang natural seperti percakapan sehari-hari di sekitar kita, pasti lebih cuakep dech bang Iko hehe...

Opini plus minus tentang film
*Letnan Wahyu datang dari langit
Seorang atasan kepolisian bernama Letnan Wahyu (Pierre Gruno) sudah ada di tempat penyerbuan dan menjemput pasukan yang dipimpin si Sersan Jaka (Joe Taslim) mengenakan kaos Loreng (kayak kostumnya gerombolan siberat di komik, hihihi), Dia datang tak Diantar Becak ato apa ndak jelas.




Opini plus minus tentang film
*Latar Belakang Suasana markas penjahat yang gak pas ma plot cerita
Gambar yang saya pajang di samping adalah salah satu kejanggalan yang saya tangkap sejak nonton nie Film, pertama sampe ketiga kalinya, waktu mobil diberondong, keliatan ada suasana lalu lintas yg normal-normal aja.., kok ada Mobil Lalu Lalang???, kok Background settingnya jalan raya??? padahal kan nie tempat harusnya tergambar terpencil buangett, jarang terjamah gitu hohoho.. jadi pengen tanya ke bang Gareth sendiri nie, tapi dah saya kirimi email si Bang Gareth lewat Blog nya, moga ja mau jawab rasa penasaran nie. hihi....

Opini plus minus tentang film
*Lagi Penyerbuan apa antar jemput y Pak Sopir?????
Satu lagi,Supir dalem mobil nyantai banget (padahal mereka pasukan khusus juga,meskipun tampang ndak jauh dari khusus), seharusnya siaga sebab dalam keadaan mendesak karena biasanya ikutan memberikan bantuan tembakan.Ehh lha ini yang duduk disebelah supir malah baca koran, dan dialognya, Gak buangeeet, sebelum diberondong peluru kalo ndak salah ngomongnya gini
Opini plus minus tentang film
".. saya ini penggemar sepak bola sejati.., jadi semua tontonan sepak....." (wkwwkkwkkkk, Hadewww parah dech Om gaya bicara nya, mendingan dieeem, tanpa dialog trus ditembak, malah kerenan dikit dech kliatan nya)

Opini plus minus tentang film

*Dialog yang diucapkan pemeran utama si Rama (Iko Uwais) sepanjang Film belepotan banget, wajib belajar akting lagi ya bang Iko, action nya dah ciamik lhu, tinggal penghayatan dialog nya ke depan nya biar ndak amburadul lagi, hehe..



Opini plus minus tentang film
*Pengenalan Karakter kurang jelas
Si temannya Rama (Iko Uwais) yang ketembak perut ma telinganya (diperankan Tegar Satrya) ndak disebutin namanya sama sekali, saya sendiri baru tahu dari Mbah Google kalo Tegar Satrya meranin sosok keras kepala namanya Bowo, y mungkin kejar durasi juga bang Gareth y...


Opini plus minus tentang film
*Dua orang Sniper Musuh yang Hilang
Ketika Tama (Ray Sahetapy) mengetahui tempat nya digerebek, dia angkat telp dan bilang "..ada tamu, tau musti gimana..", kemudian adegan beralih ke dua orang Sniper dari gedung sebelah yang bersiap membidik dengan mantab, meskipun muka nya mirip tetangga ku Pak Paidi, hehe.. keren...
Tiap ada anggota SWAT yang kliatan ja di jendela langsung diberondong peluru, tapi, di akhir Film ni dua orang ngilang kemana???, sehingga si Rama (Iko Uwais) waktu dah keluar bertigaan di penghujung cerita bisa melenggang dengan santainya, apa dah diperintahin sama si Andi (Doni Alamsyah) biar gak nembak lagi?? ahh 3x nonton masih penasaran saya ma Pak Paidi dan konco nya yang ngilang tanpa jejak :)
Sebuah Catatan Kaki:

+/- setelah 12 jam saya terbitkan artikel ini datang komentar pertama yang menanggapi beberapa opini minus diatas, dan itu merupakan sebuah jawaban atas kekurang jelian saya meskipun dah nonton film ini 3x sehari.
Opini plus minus tentang film
"Nama Bowo disebut dalam adegan di lantai 4 saat Iko bersatu dengan Dagu dan Wahyu.
Sniper bukan bagian dari kelompok TAMA melainkan dari kelompok tetangga. Jadi setelah semua usai, ANDI tinggal menelpon tetangga untuk menarik sniper.
Si sopir adalah astrada (asisten sutradara) yang pengen narsis. Jadi memang bukan aktor. :D"


Terima kasih kepada Sobat Kunderemp yang telah berkenan berbagi informasi yang mampu melengkapi isi artikel ini.
Sukses Slalu untuk 2 Blog milik Sobat Kunderemp : Galeri Kunderemp n Cacian Qalb dan Aql
Setelah saya mampir ke sana tadi, hmm mantab abis Blog nya, sederhana namun berbobot. :D



Opini Plus dari Film The Raid (menurut saya):
#Yang Top Markotop sepanjang Film The Raid adalah:
Opini plus minus tentang film Opini plus minus tentang film Opini plus minus tentang film Opini plus minus tentang film -Akting Om Ray Sahetapy yang Jempolan, gak banyak action tapi begitu menjiwai banget sebagai sosok gembong penjahat.
-Koreografi baku hantam yang patut disejajarkan dengan Film-film Action kelas Internasional (membawa misi pengenalan Silat Indonesia juga, salut buat Iko Uwais dan Yayan Ruhiyan
-Adegan Pertarungan sersan Jaka (Joe Taslim) dan Mad Dog (Yayan Ruhiyan) yang mantab abis serta pertarungan dua lawan satu Mad Dog vs Rama n Andi, bener-bener Memorable Scene. -Di sela-sela kebanyakan Dialog yang agak canggung ,da beberapa yang asyik banget dan mengena misal nya: --Kata-kata dari Atlit Tarung Drajat kota Malang asal Maumere, Nusa Tenggara Timur yang jadi preman (Godfred Orindeod)di Film ini ..
"Kau, stop tipu tipu .. ey..
..Saya tak da Waktu bwt kau tipu-tipu..
mereka ni bikin saya muak saja..!! ..Ey..kalau saya muak, saya menggila"
Sambil biji matanya melotot mau keluar tanpa kedip lagi, hehe..) -Beberapa Pesan Moral yang diselipkan dalam dialog (salut dech..):
--Rama (Iko Uwais) berkata kepada Ghofar (Iang Dharmawan) ".. Nggak semua Polisi bisa dibeli pak..", (ah masak iya bang, hehehehe...).
Opini plus minus tentang film
Opini plus minus tentang film


Demikianlah Kripik Singkong, Kripik Pedas, dan Kripik-kripik yang bisa saya sampaikan tanpa ada maksud menjelekkan namun untuk mencoba memotivasi insan Perfilman Nasional untuk terus berkarya yang terbaik.

Mohon maaf bila isi artikel terlalu panjang x lebar x tinggi, maklum lama ndak nge-Blog mungkin y jadinya acak-acakan..

Comments

  1. Nama Bowo disebut dalam adegan di lantai 4 saat Iko bersatu dengan Dagu dan Wahyu.

    Sniper bukan bagian dari kelompok TAMA melainkan dari kelompok tetangga. Jadi setelah semua usai, ANDI tinggal menelpon tetangga untuk menarik sniper.

    Si sopir adalah astrada (asisten sutradara) yang pengen narsis. Jadi memang bukan aktor. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal Soobat Kunderemp.
      Bak dapat Durian runtuh setelah saya baca Komentar Sobat, Pencerahan yang selama ini saya cari karena kekurang jelian saya akhirnya bisa saya dapatkan..
      sebagai Rasa terima kasih saya, Artikel diatas akan sedikit saya revisi dengan menyertakan Link Sobat sebagai "Sang Pencerah"

      Se-x lagi terima kasih tlah berkenan pula k Blog amburadul ini...

      Happy Blogging n Sukses Slalu u/ Sobat

      Delete
  2. kalau masalah plot, TR pasti kalah dan banyak yg janggal. Istimewanya film ini meski budgetnya kecil, udah bisa ngalahin pamor Die Hard dan film sejenisnya. Btw, itu sutradaranya bukan orang hollywood, tapi orang wales tp dah jadi WNI dia. Coba deh tunggu sequelnya, bakalan terjwab kenapa film ini kok kesannya banyak yg tiba-tiba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup setuju Gan..
      Budget ny TR kalo ndak salah cuman $sejeti ya..
      Thanks bgt tambahan Info nya, hehe Bukan Org Hollywood y ternyata Bang Gareth..
      Kalo Sequel ny ntar yg title nya "Berandal" khan?
      Happy Blogging Sob...

      Delete
  3. Anonymous9:08 pm

    "kok ada Mobil Lalu Lalang???, kok Background settingnya jalan raya???". Justru menurut saya, hal tsb sangat mendukung jalan ceritany bos :D. Ibarat kata, kampung ambon di serbu oleh polisi/saingan bisnisnya. Apa reaksi orang2 sekitar? dan kebetulan anda juga tinggal di daerah tsb? berhenti liat2 keadaan? panik? atau... pura2 tidak tau :D. Ingat mas, Wilayah/gedung kekuasaan bos tama tsb adalah sarang penjahat dan bandar narkoba, yang bahkan polisi pun gak sembarangan bisa masuk. Plus statement dari bos tama "tidak ada bedanya dengan take over yang sudah2" (ane lupa kalimat lengkapnya..), sudah ada gambaran?
    Malah di adegan tembakan tsb, saya pengen liat ada afika dan teman2nya lewat pulang sekolah liat kejadian tsb sambil jilati eskrim :D, karena saking terbiasanya!.
    Oh,ya. Ini cuman versi saya saja :D. Mungkin masnya memang bener ato gareth ada alasan sendiri.
    Yang lain udah ada yng ngasi penjelasan diatas.
    Untuk akting iko, no komen lah, wkwkwk.
    Padahal akting di merantau lumayan loh. Moga ke depannya lebih baik :)

    ReplyDelete
  4. wah, lengkap banget gan...

    kayaknya rame banget ya film The Raid ini...
    saya malah belom pernah nonton nih... ckck

    ReplyDelete
  5. Skli lagi saya kurang jeli, hohohoho..
    Memang sih realita disekitar kita dah kayak gtu Sob, cuek2 an abis, Dg demikian rasa Salut saya kpada Bang Gareth Evans dalam berkarya di Indonesia makin nambah aja nie..,
    Aplous dari saya untuk opini Sobat Arf, Makasih bgt telah berkenan mampirt kemari dan menambah wawasan saya..
    Hmm ngomong2 fika dah pulang skolah blom sich,. hehe..

    Thx.. Sukses Slalu Bwt Sobat, ditunggu kunjungannya kembali disini..

    ReplyDelete
  6. Ulasan nya sungguh menarik mas... lugas dan apa adanya... salut untuk mas.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas kehadiran n Atensinya Sobat....

      Happy Blogging...

      Delete
  7. Mantep ,.. ne fil action nya boleh sya acungi 8 jempol dah,,.. hehe,.. nambah 1 jempol lagi,.. hehe,..
    kata'nya sih iku uwais prnh jga ngalamin cedera wktu syuting adegan nih film,... :)
    Lamat tak jumpa brsama sahabat,.. yuk kita nyolong sendal ttangga lagi.. hehe..

    Happy Blogging Bang !! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks tambahan Jempolnya .. jadi 8 dech hehehehe
      Salam Jumpa Kembali Sobat...
      Wahh.. pasti bakalan da sendal yang nyasar lagee ne ntar, wkwkkwkk

      Happy Blogging Sobat...

      Delete
  8. sayang saya belum nonton. keliatannya seru bgt critanya. .

    salam hangat dari saya. .
    mampir balik yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2 Seru Sob..
      Dijamin Bikin rasa Bangga qta punya Film kyk Gini..
      Full Wajah Lokal d dalemnya.. Tapi Ciamik bgt..

      Salam Kenal Balik,..
      Happy Blogging Sobat...

      Delete
  9. saya belum pernah liat pilemnya om, jadi belum tau deh mau bilang apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe Ketinggalan dunk Sob..
      Btw abis baca nie artikel mgkin Sobat dah kepikiran bwt cari CD Film nya...
      Dijamin Lain daripada yg laen dech nie Film

      Thanks dah berkunjung dan ber komeng ria disini..

      Happy Blogging Sobat :D

      Delete
  10. memang kalo dari segi laur cerita, the raid masih cukup kalah dari pada merantau...
    tapi kalo dari actionnya, the raid main gila.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah berkenan mampir baca nie artikel Sobat,
      apapun plus minus nya, mari qta dukung hasil karya Perfilman Nasional u/ melangkah lebih baik k depan...


      Happy Blogging Sobat :D

      Delete
  11. terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dah berkenan mampir disini Sobat...

      Happy Blogging. :D

      Delete
  12. Anonymous9:59 pm

    Ulasan nya mengerikan...WoW..!!
    Mau kasih 9 jempol tp cuma punya 5 jempol nih, yg 4 pinjem tangan & kakinya ya...
    Wkwkwkwkwk...

    Emang keren akting Yayan Ruhiyan, sama sapa tuh namanya Godfred Orindeod?? Kalo aku yg jadi juri, aku masukin nominasi tuh sebagai The Best Actor/Actres...
    Mungkin cuma karena ga Sreg aja liat akting Joe Taslim, agak gimana gtu... Coba deh liat raut mukanya di awal2, beehhh... Ga karuan dah...

    Kalo adegan Sopir & Kernet ditembak, cuma kasih tanggapan gini deh... Ga masuk, ga cucok, mending di Cut aja... Seharusnya ketika si Kernet yg baca koran ketembak, Sopir langsung tancep gas... Kalo liat adegannya, seharusnya ada jeda waktu sebelum dibrondong (mungkin terlalu panik kali ya??)...

    Sama adegan sebelum masuk gedung kan ada penjaga yg lagi nonton TV & dicekik dari belakang, apa iya segitunya naruh TV di tengah jalan + di depan pintu??

    ReplyDelete

Post a Comment

~Welcome To Do Follow Blog~
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca Artikel ini, Silahkan :
✍ Berikan Komentar sesuai atau relevan dengan isi atau topik Artikel yang dibahas.
✍ Komentar yang terdeteksi SPAM dengan terpaksa akan dihapus.

Popular posts from this blog

Mengenal Tokoh Karakter dalam The Avengers Movie 2012

Panduan Lengkap Membuat Guest Book dengan Cbox

Gayus "baru" muncul di Lapas Sidoarjo JawaTimur